31 Juli 2009

Sitemap Google Untuk Blogspot

Mungkin sebagian teman-teman masih ada yang bingung, apa sih sitemap, untuk apa dan bagaimana memasukan sitemap pada subdomain blogspot? Sedikit penjelasan, Sitemap adalah merupakan url yang menggambarkan peta dari sebuah situs web atau blog. Dimana di dalam sitemap tersebut terdapat daftar halaman atau postingan pada website blog kita yang bisa di-crawl (Di indeks oleh google).

Kegunaan sitemap google itu sendiri supaya search engine lebih cepat dalam mengindeks isi website kita, yang terkait dengan SEO (Search Engine Optimization). Selain itu sitemap juga berguna jika situs/blog kita mempunyai arsip postingan yang banyak tetapi tidak saling link dengan baik atau bahkan tidak sama sekali.

Langkah-langkah di bawah ini:

1. Masuk ke account google webmaster, di http://www.google.com/webmasters/
2. Apabila belum memasukan blog anda, silahkan daftar dulu. Setelah itu Login dan masukan blog anda lalu klik add site.
3. Untuk verifikasi blog anda, silahkan tambahkan add meta tag berupa script html ke dalam blog anda yang diberikan oleh google. Copy paste meta tag yang di berikan tadi, sebaiknya di bawah kode < title > < data:blog.pageTitle/ > < /title >.
4. Setelah di verifikasi, sekarang pilih menu sitemap.
5. Pada baris my sitemap URL (yg ditunjukan panah merah) isikan: atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100

Lalu klik submite sitemap. Silakan tunggu beberapa menit, kemudian refresh, maka status OK akan muncul pada sitemap yang anda buat.

Dan apabila kita mempunyai postingan lebih dari 100 (de-kill saat ini 122), maka kita dapat membuat sitemap lagi dengan url dibawah ini :

atom.xml?redirect=false&start-index=101&max-results=100

Di atas terlihat bahwa yang membedakan antara kedua sitemap tersebut hanya berbeda di besar start-index-nya. Dimana yang pada sitemap pertama start-index= dari 1 dan sitemap kedua akan menggunakan start-index= dari 101. Jadi jika kita memiliki lebih dari 200 posting, cukup membuat sitemap lagi dengan mengganti start-indeks=201.
Contoh sitemap google de-kill yang sudah jadi seperti klik disini

Selamat Mencoba...