05 Agustus 2009

BIKIN WEB GRATIS GAMPANG

Bagi para blogger pasti sudah paham bagaimana membuat blog. Karena memang mudah membuatnya. Yang umum para blogger memanfaatkan fasilitas wordpress, blogspot, dan lainnya. Namun, semakin lama seorang blogger memanfaatkan fasilitas tadi, semakin terasa banyak kekurangan. Kemudian, muncul ide bagaimana menggabungkan fasilitas (misalnya wordpress) tadi dengan domain dan hosting, baik salah satunya gratis, atau juga tersedia yg dua-duanya gratis. Domain kata orang seperti “ toko” yaitu sebagi tempat penyajian, sedangkan hosting sebagai tempat “penyimpanan”.

Apasih kelebihan, menginstal wordpress pada hostingan sendiri? Utamanya, yaitu tadi di wordpress.com kita tidak bisa menambahkan plugin, theme, dan install javascript. Serta kita tidak bisa mengcustomize sesuai dengan selera kita. Satu-satunya jalan ya harus pakai hosting sendiri. Kalau nggak mau mengeluarkan biaya pakai yang gratisan aja. Dibawah ini saya sajikan, bagaimana menginstal wordpress pada domain dan hosting gratis, mudah dan hasilnya oke banget lho!

Persiapan Domain

Cek dulu nama domain yang kamu inginkan apakah masih ada atau tidak di co.cc. Kalau memang ada registerkan domain tersebut ke co.cc, kalau tidak ada ya… cari nama lainnya.

Buat(creat account now) account di co.cc

Masuk ke menu my account
klik edit (kalau masih baru domain kita biasanya ada link di bawah service type) domain kita
Pilih option 1 : Manage DNS
Berhubung kita pakai hosting dari webhost, isi name server sebagai berikut

Name Server1 : ns01.000webhost.com

Name Server2 : ns02.000webhost.com

Klik tombol Setup Domain

Setting Hosting

1. Buka webhost

2. Klick Sign-Up / Order

3. Isikan nama website yg kita inginkan pada bagian: I want to host my own domain (misal namaku.co.cc)

4. Masukkan nama, email, password, ketik angka verifikasinya

5. Pilih: I agree to term and service

6. Klik : Create My Account

7. Tunggu sebentar, sampai muncul : Account Details Overview (1 halaman ini dicopi di word dan save, suatu saat kalau anda ingin otak-atik blog anda pakai FTP atau C-panel) Kemudian …….

Masuk CPpanel dengan cara :

1. buka www.000webhost.com

2. isikan e-mail dan pasword

3. klik: Go To CPanel

4. Pilih : fantastico autoinstaler (bagian Software/Services)

5. Pilih: WordPress, klik : new installation

6. Langsung ke Admin access data, Isikan admin user dan password (untuk masuk/login blog, harus diingat ya), klik Install WordPress. Lihat di bagian akhir: Account Information ada alamat web dan username (Tolong diingat/dicatat, beserta passwordnya)

7. Selesai, tinggal dipercantik blognya (web bisa diakses setelah 24-48 jam, ada pemberitahuan aktivasi melalui email, jadi agak sabar ya!).

Kalau mau posting silakan klik login di bagian meta, dan isi username dan password anda. Terus klik posting dst………

Semoga bermanfaat