04 Agustus 2009

Kegunaan dan Cara Membuat Sitemap

Sitemap yang saya jelaskan berikut ini adalah tips SEO google yang cukup ampuh dalam index halaman secara mendalam di google webmaster.

Sitemap berisi daftar url website anda. Fungsinya adalah untuk mempermudah bot google untuk masuk dan mengcrawl semua halaman yang tersedia.

Contoh kasus : google sulit untuk mengindex website/blog yang memiliki halaman yang dalam seperti Homepage -> Category -> Catalog -> Product sehingga akan terjadi error link yang terdeteksi (URLs restricted oleh robots.txt). Solusi dari permasalahan di atas adalah dengan menggunakan fasilitas sitemap dari Google Webmaster.

Ekstensi sitemap berupa xml, txt, sindication feed (biasanya pada blog). Untuk blog menggunakan blogger langsung mempunyai sitemap dengan alamat http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml

Jika website anda bukan mesin blogger / wordpress (.php, .asp, dll) gunakan sitemap berformat xml untuk situs kita dan kemudian mendaftarkannya ke google search engine.

Untuk membuat sitemap berformat xml kita dapat menggunakan www.xml-sitemaps.com, kita dapat membuat sitemap sampai dengan maksimum 500 halaman. Masukan url dari web kita dan tekan start.…dan maka sitemap kita langsung diproses dan anda dapat mendownloadnya. Setelah itu masuk ke google webmaster tool dan tambahkan site yang akan anda masukan, kemudian ikuti prosedur hingga selesai.